ADS

Ide Kreatif Dari Seorang Peternak Burung Hias.

Ide Kreatif Bisnis dari Seaorang Peternak Burun Hias.
Belajar dari Peternak Burung Hias.

Saya tidak akan menghimbau teman-teman untuk berbisnis burung hias, namun justru ada yang lebih penting dari apa yang saya pelajari dari para pelaku ternak burung hias. Bukan apa bisnisnya namun mengenai bagaimana mengelola bisnis tersebut. bahkan saya sendiri pun bukan orang yang paham mengenai ternak burung hias,apalagi menjualnya.

Hal pertama yang menarik perhatian saya yaitu bagaimana mereka menggarap pasar hobby burung menjadi bisnisnya. Pasar mereka telah sempit, yaitu komunitas pehobby burung dan mereka konsisten dengan pasar tersebut. Mereka mencar ilmu marketing secara belajar sendiri melalui upaya komunikasi yang intensif kepada para pembelinya. Apa yang mereka dengar dari pembelinya, wacana kebutuhan yaitu data pemasaran yang penting untuk dikembangkan dalam keputusan marketingnya. Misalnya: keputusan wacana pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, event dan sebagainya.

Hal kedua, mereka mempunyai peternakan sendiri yang seringkali mereka tawarkan untuk dikunjungi oleh pembelinya. Cara-cara komunikasi ini menimbulkan pembeli semakin menaruk kepercayaan yang tinggi terhadap mereka. Bahkan dalam kunjungan para pembeli ke peternakannya mereka tidak sungkan-sungkan menunjukkan edukasi yang diperlukan oleh para pembeli. Mereka sedang membangun apa? Mereka sedang membangun interaksi yang lebih intim dengan pembelinya disamping membuatkan jaringan warta yang lebih luas. 

Dengan kunjungan pembeli ini tanpa disadari akan menunjukkan edukasi kepada pembeli untuk menjadi corong promosi kepada calon-calon pembeli yang lain. Para pembeli mempromosikan bisnisnya dengan sukarela dan merk mulai terbangun dari rekomendasi dan rujukan ini.

Mereka tidak hanya menjual burung saja, melainkan juga perlengkapan-perlengkapan, training, pakan dan semua hal yang terkait dengan bisnis ini. Mereka tidak mencar ilmu dari mentor menyerupai saya, mereka bisa membuatkan seni administrasi bisnisnya sendiri. Justru produk-produk pendukung ini cukup menghasilkan income besar.

Yang paling menarik yaitu mereka membangun event lomba sendiri dari komunitas yang mereka bangun. Lomba di pasar yang sangat segmented sangat penting, apalagi komunitas hobby. Harga burung yang menang lomba dari yang hanya ratusan ribu bisa menjadi puluhan juta, dan inilah yang sedang dikejar oleh para penerima lomba yang tidak lain yaitu para pembeli dan pehobby burung tersebut. Lomba di komunitas burung yaitu event yang paling ditunggu oleh para pehobby burung untuk "adu prestasi" dalam memelihara burung disamping untuk melaksanakan networking dengan pehobby yang lain.

Kemampuan para peternak burung ini patut diacungi jempol, alasannya yaitu mereka paham benar apa yang diperlukan oleh calon pembeli sebelumnya dan apa yang diperlukan pembeli setelahnya. Tidak hanya berhenti hingga dengan pembeli memberi burung tetapi mereka masih memenuhi kebutuhan pembeli hingga dengan membangunkan lomba untuk apa yang telah mereka beli tersebut.

Belajar Marketing.

Memang tidak semua bisnis bisa dikelola dengan cara di atas, namun niscaya banyak bisnis yang bisa dikelola dengan cara di atas. Belajar dari pasar, mencar ilmu memahami apa yang diperlukan oleh pasar dan mencar ilmu apa yang bisa kita lalukan yang terbaik untuk pasar.

Mereka tidak mencar ilmu dari saya, justru saya yang mencar ilmu dari cara-cara mereka. Sangat luar biasa sekali cara-cara mereka membangun keterikatan emosional, dan membangun komunitas yang kuat. Khusus untuk event, hal ini yaitu bukti bahwa mereka benar-benar memahami apa yang diperlukan oleh pembeli sehabis mereka membeli produk tersebut. 

Keterikatan ini seolah berlangsung selamanya, alasannya yaitu akan selalu ada kebutuhan dari para pembeli atas keradaan bisnis kita. Betapa pentingnya pelayanan purna jual kepada pembeli yang sangat loyal, yang seringkali dilupakan oleh para pelaku UMKM yang lain. Bisnis yaitu sebuat kepercayaan dan kesetiaan, dan hal ini telah dibuktikan oleh teman-teman peternak burung hias tersebut.

Semoga sharing sederhana ini bisa bermanfaat, salam sukses dari RumahUMKM.Net.










Subscribe to receive free email updates:

ADS