ADS

Peluang Ekspor Produk Umkm

Peluang ekspor buah kering ke USA dan Canada.
Ketika mendengar warta dari rekan-rekan eksportir bahwa negara-negara Eropa dan USA mulai membatasi impor makanan dari China, kami pribadi menangkap sebuah peluang besar untuk ekspor produk-produk UMKIM. Informasi yang cukup mengagetkan ialah beberapa eksportir justru ekspor makanan menyerupai kripik singkong dan slondok ke negara China.

Informasi lain yang kami dapatkan ialah negara-negara di Afrika dan Amerika Latin ketika ini justru berkembang sebagai pasar ekspor yang sangat menjanjikan. Negara-negara menyerupai Afrika Selatan, Nigeria dan Senegal merupakan pasar yang perlu dgarap oleh teman-teman UMKM yang selama ini hanya tahu bahwa pasar yang anggun ialah Eropa dan USA. Produk-produk yang sanggup masuk ke pasar Afrika ialah sabun, makanan ringan, furniture dan handicraft. Bahkan produk batik pun terbuka peluangnya di sini.
 
Peluang ekspor produk olahan pertanian gula cair.

Peluang-peluang menyerupai inilah yang sedang kami berdiri untuk mendukung aktivitas UKM Go Ekspor kami. Bahkan kami pun melibatkan perusahaan besar menyerupai Sun Pride (PT Sewu Segar Nusantara) untuk bermitra dengan UMKM dalam pemenuhan materi baku dan pasar ekspor untuk produk kripik buah. Ada 2 opsi yang akan kami tawarkan kepada Sun Pride yaitu produksi kripik buah dengan teknologi UMKM yaitu Vacuum Frying atau kripik buah tanpa minyak dengan teknologi freeze dry yang sangat diminati pasar USA dan Canada.

Tentunya proses kerja sama perusahaan besar dengan UMKM ini butuh waktu untuk proses pertimbangan komersialnya, tetapi yang terperinci pasar ekspornya telah ada. Bahkan ketika pasar ekspor belum terbuka, pasar domestik pun masih sanggup digarap terlebih dahulu.

Bahkan beberapa waktu yang kemudian kami pun mendapat feeb back atas sample gula cair yang telah kami kirimkan ke Afrika Selatan. Ternyata produk gula cair juga diharapkan di Afrika Selatan dan mereka butuh supply dalam waktu dekat. Negara Nigeria pun menginginkan hal yang sama, mereka butuh supply gula cair dari kami.

Lantas pertanyaannya ialah produk apa yang ketika ini sanggup ditawarkan kepada pasar ekspor? Untuk furniture dan handicraft kita masih sangat kaya dengan supplynya, sedangkan untuk produk produk makanan selain pasar yang sudah biasa kita pasok, yaitu Eropa, maka pasar Afrika dan Asia perlu digarap dengan serius. Produk snack yang mereka butuhkan ialah produk snack yang sehat dan khas dari Indonesia.

Seringkali kami melihat teman-teman UMKM "terlalu" kreatif dalam menyebarkan produknya sehingga tidak memunculkan nilai khas sehingga kurang diminati pasar ekspor. Justru kesederhanaan kripuk singkong yang crunchy dan original sanggup tembus pasar Timur Tengah dan Eropa.

Kembali kepada produk orisinil dan potensi daerah, dan kita secara bersama pasar ekspornya.
 





 







Subscribe to receive free email updates:

ADS