ADS

Pelajaran Penting Bagi Umkm, Bagaimana Menciptakan Foto Produk Dengan Kamera Smartphone.

Foto produk dengan kamera smartphone.
Apakah produk mau dipasarkan online apa offline, menciptakan visual produk yang menarik tetap sangat penting dalam pemasaran. Visual produk akan banyak membantu calon customer dalam memahami produk Anda, terutama untuk pemasaran online dimana calon customer tidak berkesempatan memilhat dari bersahabat produk Anda.
Jika selama ini yang saya tulis yaitu food photography dengan smartphone maka kali ini saya akan menulis untuk topik yang lebih luas, yaitu product photography dengan smartphone. Mengapa saya tertarik untuk menulis topik ini kembali yaitu alasannya yaitu masih banyak UMKM yang belum memahami arti pentingnya visual produk dalam pemasaran.

Mungkin bukan mengajari, namun hanya menyebarkan pengalaman kami dalam menyajikan visual gambar kepada calon customer dengan hanya memakai kamera smartphone yang telah kita miliki. Berikut yaitu beberapa tips tersebut, semoga gampang dipahami alasannya yaitu kami lengkapi dengan gambar.

1. Siapkan dulu background fotonya, minimalisir pengeluaranmu dengan menciptakan studio mini. Perlengkapannya pun sederhana!.

Tidak harus berbiaya mahal, kita sanggup menciptakan studio mini di rumah untuk menciptakan visualisasi produk kita dengan kamera smatphone. Bahannya pun cukup murah, yaitu kardus bekas, kerta HVS dan kertas putih panjang sebagai bantalan foto.


Sumber: RumahUMKM.Net

Untuk pencahayaan, kita sanggup memakai lampu khusus atau lampu LED putih. Lampu mencar ilmu sanggup kita manfaatkan untuk pencahayaan.
Studio mini ini sanggup digunakan untuk produk-produk ukuran kecil yang sanggup mau dalam studio mini. Untuk produk makanan, kami sarankan difoto dengan memakai cahaya matahari, dan berikut ada beberapa tips dari DiahDidi.Com untuk food photography:


Sumber: DiahDidi.Com

Tips singkat di atas ternyata cukup jitu untuk menghasilkan foto produk yang bagus.

2. Jika produk yang akan kau jual yaitu sesuatu yang sanggup dipakai, disarankan untuk memakai model sebagai citra bagi calon pembeli.


Jika produk yang dipasarkan masuk kategori fashion, foto produk dengan model atau digunakan oleh seorang model akan sangat membantu menunjukkan citra kepada calon pembeli.
 

Untuk produk fashion, sebaiknya diperagakan.
3. Pencahayaan harus cukup terang, lebih baik kau mengambil foto secara outdoor alasannya yaitu cahaya alami dari matahari menghasilkan foto yang lebih bagus.


Pencahayaan dengan matahari yang mempunyai spektrum lengkap masih merupakan pencahayaan yang sempurna, karean semua warna produk kita akan muncul dan tampak alami dan menarik.

Pencahayaan matahari jauh lebih baik dari pencahayaan lampu.

4. Tentukan tema foto yang ingin ditampilkan semoga akibatnya relevan dengan apa yang ingin disampaikan.


Foto produk yaitu komunikasi visual yang kita lakukan kepada konsumen, sehingga harus seusai dengan sasaran pasar dan pesan yang akan disampaikan. Sebuah konsep dalam foto sangat penting, sehingga sebelum melaksanakan fotografi sebaiknya tentukan tema dan pesan yang akan disampaikan.

Foto produk harus mempunyai konsep, sesuai dengan pasar yang akan dibidik.

5. Kenali kamera HP-mu, gunakan pengaturan semaksimal mungkin semoga foto yang dihasilkan lebih terperinci dan berkualitas


Tidak kalah penting yaitu memahami smartphone anda dengan fitur-fitur fotografinya dan juga applikasi-applikasi yang dimilikinya. Kelebihan smartphone berbasis android yaitu fasilitas dalam mengunduh applikasi.

SmartPhone terkini ketika ini sudah dilengkapi dengan camera yang sangat memadai untuk melaksanakan foto produk.

6. Agar calon pembeli sanggup lebih mengenali produkmu, akan lebih baik kalau kau mengambil foto dari beberapa angle atau sudut potret.


Mengambil foto dari aneka macam sudut (angle) disamping menunjukkan banyak pilihan estetika juga menunjukkan citra yang lebih banyak kepada calon pembeli untuk mengenali produk anda.

Berbagai angle pengambilan gambar.

7. Hindari melaksanakan zoom atau perbesaran pada kamera HP alasannya yaitu akan menurunkan kualitas foto, lebih baik dekati saja objeknya.


Anggaplah kamera smartphone anda yaitu kamera dengan fixed lens yang tidak perlu diatur zoom-nya meskipun bisa. Karena kalau kita memakai zoom maka kualitas gambar yang dihasilkan kurang besar resolusinya dan sanggup pecah.

Jangan lakukan ZOOM, dekati obyek semoga kualitas gambar tidak pecah.

8. Kenali waktu jeda antara memencet shutter dan ketika kamera mulai mengambil foto, pegang erat HP-mu semoga foto nggak kabur.


Jangan melaksanakan goyangan ketika menekan shutter, semoga foto yang dihasilkan tidak kabur. Alat bantu menyerupai tripod akan sangat membantu anda dalam melaksanakan fotografi.


Untuk menghindari goyang, pergunakan alat bantu tripod.

9. Percantik fotomu dengan fitur edit foto yang tersedia di HP-mu. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan alasannya yaitu justru akan menciptakan foto produk terlihat palsu.


Banyak applikasi editing foto yang sanggup diunduh, namun banyak yang menentukan snapseed alasannya yaitu kemudahaannya dan juga banyak fitur yang disajikan.

Pilih applikasi editing yang paling gampang dipahami

10. Agar foto produkmu nggak digunakan oleh orang lain tanpa izin, jangan lupa untuk menambahkan watermark pada fotomu.


Meskipun kadang mengganggu estetika foto anda, tetapi tanda atau watermark sangat perlu Anda lakukan alasannya yaitu banyak pihak yang tidak mau repot sering mencomot foto anda tanpa permisi.

Bubuhkan tanda atau watermark pada foto anda, dengan penempatan dan lay out yang cantik.
Demikain 10 tips dalam menciptakan foto produk dengan memakai smartphone, semoga sharing ini bermanfaat dan sanggup membantu promosi dan pemasaran produk anda. Jika produk anda tampil manis di Social Media (FaceBook dan Instagram) maka akan banyak calon pembeli yang tertarik dan menghubungi anda. Itulah kekuatan sebuah foto yang baik.





Subscribe to receive free email updates:

ADS