ADS

Kripik Singkong, Snack Tradisional Yang Justru Tembus Ekspor

Produk Mirasa Food Magelang, Kripik Singkong Cap Payung merupakan snack yang digemari di Belanda.
Kami mengenal UMKM ketika penjurian eskportir tangguh Jawa Tengah, dan Mirasa Food merupakan salah satu peserta. Yang menarik bagi kami adalah, perusahaan ini masih skala UMKM dan dengan produk "hanya" kripik singkong. Hal ini yang mengakibatkan kami menjadi ingin tau untuk berkunjung ke Mirasa Food untuk mendengar lebih banyak mengenai kripik singkong dan melihat akomodasi produksinya, dan benar perusahaan ini masih skala UMKM.

Pasar ekspor yang telah digarap pun yaitu Middle East dan Europe (Jerman dan Belanda), sehingga sanggup dikatakan bahwa prodk kripik singkong Mirasa Food yaitu produk berkelas internasional. Terlebih lagi ketika kami berbincang-bincang dengan beberapa food importer dan biro di Belanda, kami mendapat ratifikasi bahwa memang produk ini sangat digemari di Belanda. Beberapa importer tersebut berminat impor produk tersebut namun Mirasa Food telah terikat kontrak langsung dengan salah satu importer besar di Belanda.



Tapi ternyata tidak hanya Mirasa Food yang ekspor kripik singkong ke Belanda, tetapi juga ada beberapa UMKM yang lain ibarat San Food dari Semarang yang juga berhasil melaksanakan ekspor kripik singkong, slongok dan banyak sekali snack dari singkong ke China. 

Apa sesungguhnya yang dicari oleh pasar ekspor dari produk Jawa Tengah? Sebenarnya cukup sederhana, kita sering tidak fokus kepada apa yang menjadi asset khas Jawa Tengah. Membuat produk makanan berbasis terigu memang menarik, tetapi untuk pasar ekspor hal ini tidaklah cukup, mereka mau yang khas dan tidak sanggup mereka dapatkan di negaranya.

Cita rasa khas kripik singkong dari Mirasa Food misalnya, mereka menyebarkan varian singkong khusus yang mereka budidayakan sendiri sehingga menjadi sangat khas dan tidak sanggup diproduksi oleh perusahaan lain. Jawa Tengah sangat kaya dengan varian singkong yang yummy dan khas. 

Mari cermati potensi khas Jawa Tengah dan berkreasi atasnya, alasannya yaitu dengan ekspor para UMKM akan banyak membantu perekonomian nasional. Sudah saatnya UMKM berpikir ekspor dan mengekplosi potensi yang ada.





Subscribe to receive free email updates:

ADS