Soto Mas Boed, Jl Jati Raya Banyumanik Semarang. |
Orang Jawa suka soto, dan penggemar soto di Banyumanik suka soto Mas Boed. Ha-Ha, ini yaitu ungkapan promotif dari saya eksklusif yang merupakan penggemar dari soto angkring Mas Boed yang berlokasi di Jl Jati Raya Banyumanik, di depan Kantor Pos Jati Raya Banyumanik.
Konsisten dalam rasa dan semuanya selalu kuliner baru, itu yang merupakan rutinitas di warung soto ini. Kebetulan saya kenal baik dengan Mas Boed dan sering ngobrol dengan dia perihal bagaimana kiat-kiat dan cita-citanya dalam berbagi bisnisnya di masa mendatang. Dan ternyata benar bahwa dia sangat hati-hati dengan kualitas dan cita rasa dari produknya, dapat dikatakan dia yaitu produsen yang loyal dengan kualitas.
Dan banyak sekali warung soto, warung soto Mas Boed yang sangat konsisten menjaga cita rasa. Ketika yang lain mulai ditinggalkan oleh pelanggannya maka soto Mas Boed masih mendapat "loyalitas" dari pelanggan. Konsistensi ini secara berjenjang dijaga dari mulai pemilihan materi baku, proses dan SDM yang mengolah kuliner tersebut. Ketiga hal ini mendapat kontrol yang ekstra dari pemilik usaha, biar cita rasa dan kualitas produknya masih terjaga sebagaimana dengan loyalitas pelanggannya.
Saya menulis ini untuk mengingatkan pelaku UMKM yang lain untuk menjadi konsistensi dalam kualitas dan cita rasa produk pangannya. Mas Boed yaitu salah satu pelaku UMKM yang sangat ketat dalam hal ini sehingga masih mendapat loyalitas dari pelanggannya. Hal ini pulalah yang menciptakan Mas Boed masih mempertimbangkan untuk membuka cabang atau franchise, alasannya tantantan kendali kualitas atas sumber materi baku, proses memasak dan SDM yang mengolahnya.
Kualitas adalah hal yang akan selalu diingat oleh pelanggan terhadap produk kita, sebuah kesalahan dalam menjaga kualitas dapat berakibat fatal terhadap hilangnya pelanggan. Mungkin hal ini yang menjadi warning dari Mas Boed alam mengelola usahanya. Semoga Mas Boed dapat segera menciptakan SOP dari mulai pemilihan baku, proses maupun kualifikasi SDM serta dapat mematenkan brand dagangnya agar dapat segera membuat franchise Soto Mas Boed yang tentunya ditunggu-tunggu oleh penggemarnya di luar kota. Sukses terus Mas Boed!
Kualitas adalah hal yang akan selalu diingat oleh pelanggan terhadap produk kita, sebuah kesalahan dalam menjaga kualitas dapat berakibat fatal terhadap hilangnya pelanggan. Mungkin hal ini yang menjadi warning dari Mas Boed alam mengelola usahanya. Semoga Mas Boed dapat segera menciptakan SOP dari mulai pemilihan baku, proses maupun kualifikasi SDM serta dapat mematenkan brand dagangnya agar dapat segera membuat franchise Soto Mas Boed yang tentunya ditunggu-tunggu oleh penggemarnya di luar kota. Sukses terus Mas Boed!