ADS

Beda Sales & Marketing Masih Selalu Dipertanyakan.

Beda Sales & Marketing Masih Selalu Dipertanyakan.
Bahkan tidak hanya UMKM, ternyata ada beberapa perusahaan menengah pun masih belum bisa membedakan antara sales dan marketing. Ketidakpahaman ini bisa menimbulkan kesalahan dalam administrasi SDM di perusahaan tersebut, bisa fatal bahkan. Karena mereka selalu berpikir bahwa marketing harus menjual produk yang telah mereka hasilkan secara pribadi sementara yang seharusnya menjadi kiprah pokok marketing justru tidak dilakukan.

Berikut yaitu sekilas perbedaan sales dan marketing:


Jika dibandingkan dengan sales marketing, tidak pribadi bersentuhan dengan konsumen sehingga dikatakan marketing lebih pasif daripada sales yang setiap hari harus berorientasi pada penjualan produk secara langsung. Team sales melaksanakan kiprah yang rutin, dengan penerapan taktik penjualan, sementara maketing lebih strategik dengan memahami pasar dan kebutuhannya dan menciptakan taktik produk atau paket produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. 

Melakukan survey pasar, berkomunikasi dengan pasar, melaksanakan analisa pasar serta menciptakan taktik pemasaran yaitu kiprah pokok dan rutinitas dari marketing. Sementara kiprah team sales yaitu melaksanakan penjualan produk secara pribadi dengan sasaran produk tersebut harus segera terserap oleh pasar.

Membangun awareness yaitu kiprah marketing sementara membangun koneksi dengan prospek cusotmer yaitu kiprah sales. Membuat prospek mencari gosip mengenai produk yaitu kiprah marketing, sementara mencari prospek yaitu kiprah dari sales. Dalam marketing, pesan yang akan disampaikan kepada prospek, sementara dalam sales, orang akan bertemu orang.

Cukup terang perbedaannya bukan? Bisa dikatakan bahwa sales menjual produk sementara marketing menjual agenda benefit. Untuk memahami benefit yang sempurna untuk prospek customer, maka seorang marketing harus melaksanakan segmentasi, targeting dan positioning sekaligus menjabarkan taktik produk, harga, susukan distribusi dan promosi. Berarti lingkup marketing lebih luas daripada sales, bahwa untuk perusahaan dengan skala kecil - menengah, marketing dan sales masih menjadi satu bagian, meskipun sudah terjadi pemisahan fungsi.

Lantas Bagaimana UMKM Menyikapi Sales & Marketing?

Nah, ini yang paling penting. Untuk UMKM yang berorientasi pada produksi maka kebutuhan sales menjadi sangat penting, lantaran produk yang telah mereka hasilkan harus secepatnya terserap oleh pasar atau akan menjadi stock yang akan menghambat cash flow perusahaan. Tetapi bukan berarti mereka tidak butuh marketing, mereka butuh marketing utnuk melaksanakan promosi dan analisa pasar meskipun untuk prioritasnya mereka membutuhkan sales. 

Namun untuk perusahaan yang job order, menyerupai perusahaan mebel dan kerajinan maka yang diharapkan yaitu marketing karena orientasi mereka yaitu pasar, bukan produk. 

Di kurun digital ini, sudah banyak kiprah sales dan marketing yang bisa digantikan meskipun belum semuanya. Applikasi bisa didesain sesuai dengan kebutuhan perusahaan, bahkan promosi pun menjadi lebih mudah, cepat dan murah. Namun, tetap saja diharapkan SDM yang mempunyai kemampuan sales dan marketing lantaran semua akomodasi digital sifatnya yaitu alat bantu, tidak menggantikan manusia, terlebih justru di dikala kurun digital ini kecenderungan untuk menjadi personal dan emosional semakin terasa. Oleh alasannya yaitu itu, kami menyampaikan bahwa applikasi tidak akan menghilangkan kiprah SDM, applikasi hanya sekedar mengurangi jumlah SDM. Era digital memang mengakibatkan banyak karyawan dirasionalisasi, namun peluang untuk membuka perjuangan di kurun digital sangat luas dan tidak terbatas. Sukses!





Subscribe to receive free email updates:

ADS