Banyak Customer Butuh Banyak Kesiapan. |
Menyenangkan jikalau banyak customer tertarik dengan produk UMKM, namun ada banyaknya customer ini juga bisa menjadi problem manakala UMKM tidak bisa memuaskan kebutuhannya atau bahkan justru mengecewakan mereka.
Tidak ada sebuah produk yang hadir eksklusif sempurna, niscaya ada proses peningkatan kualitas dan perbaikan di sana-sini. Kemampuan kita dalam berkomunikasi dengan customer dengan menyampaikan apa yang gotong royong ialah kunci untuk menghindari kekecewaan yang akan terjadi di sisi customer. Yang lebih penting lagi ialah kita mau mendengarkan keluhan dan komplain customer serta mengambil tindakan cepat untuk perbaikan produk tersebut.
Kemudahan promosi dengan sosial media dan website harus disikapi dengan bijaksana, promosi yang teralu aktif sementara produk belum stabil dan belum prima bisa menyebabkan banyak potensi komplain dan kekecewaan di pihak pasar. Dari semula yang bertujuan untuk promosi bisa saja justru menjadi bumerang. Hal inilah yang seringkali terjadi dalam mempromosikan produk UMKM.
Kebanggaan atas banyaknya customer ialah pujian semu, sebab gotong royong yang kita butuhkan ialah meningkatnya pesanan setiap customer secara berjenjang. Bukan banyaknya jumlah customer tetapi banyaknya pesanan setiap customer.
Menyelaraskan kemampuan produksi dengan kemampuan pemasaran menjadi sangat penting dalam menjaga kepuasan pelanggan. Banyak customer menjadi elok saat kita siap dengan konsistensi kualitas dan kemampuan produksi sebab tujuannya semua ekspetasi dari customer terpenuhi.
Dari semua hal yang aku ingatkan di atas, UMKM dengan basis produksi harus benar-benar siap tidak hanya dengan kualitas produk melainkan juga konsistensinya sehingga diharapkan sistem yang tertata untuk menjadi kualitas ini, yaitu SOP (Standard Operating Prosedur). Yang lain yang dihentikan diabaikan dalam menjalankan SOP ialah kemampuan SDM yang memenuhi kualifikasi yang telah di-standard-kan.
Butuh banyak persiapan untuk untuk menyerap banyak customer, apalagi saat setiap customer mempunyai karakteristik yang berbeda-beda serta mereka menuntut pelayanan yang berbeda. Tujuannya tetap sama, bahwa setiap customer yang berbisnis dengan kita sanggup terpenuhi harapan dan kebutuhannya sebab inilah gotong royong esensi dari marketing, yaitu: kepuasan pelanggan. Bukan jumlahnya, melainkan kualitas pelayanan kita kepada customer yang lebih penting. Sukses!