Strategi marketing dimulai dari ketika anda melaksanakan segmentasi pasar. Tidak semua pasar sanggup kita layani dengan baik, segmen pasar yang sempurna ialah segmen yang terbaik yang mempunyai peluang lebih banyak untuk produk kita. Meskipun segmen lain juga mempunyai peluang, namun peluangnya tidak akan lebih baik daripada segmen yang kita pilih.
Beberapa langkah dalam melaksanakan segmentasi ialah sebagai berikut:
1. Evaluasi pasar atau pasar mana yang ingin anda kejar. Tentukan metode mana yang anda inginkan untuk menentukan segmen anda dan definisi mana yang paling sesuai dengan model bisnis anda. Anda sanggup mencirikan segmen berdasarkan salah satu kategori berikut:
- Geografi berkaitan baik dengan lokasi anda atau lokasi sasaran pasar anda, di mana produk atau layanan anda akan digunakan.
- Demografi ialah karakteristik statistik dari sasaran pasar anda, menyerupai usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan atau ukuran rumah tangga.
- Psikografi mencirikan konsumen dengan ciri-ciri psikologis atau emosional, berdasarkan pada sistem kepercayaan atau tipe kepribadian menyerupai pengambil risiko versus penghindar risiko, atau pengguna awal versus pembeli tahap akhir.
- Gaya hidup ialah kriteria berdasarkan perilaku, dengan fokus pada aktivitas yang menjadi sasaran anda, mulai dari pekerjaan sampai hobi yang dikejar atau liburan yang disukai.
- Tahapan kehidupan menggabungkan beberapa karakteristik demografi dan psikografi yang dimiliki oleh kelompok-kelompok untuk menggambarkan di mana atau kapan sasaran anda berada dalam siklus hidup mereka: kuliah dan karier, keluarga muda, nesters kosong dan sejenisnya.
- Seberapa besar segmennya sekarang? Apakah cukup besar untuk mendukung bisnis anda?
- Seberapa gampang atau sulitkah mencapai segmen itu?
- Akankah segmen itu tumbuh atau berkembang di masa depan? Seberapa jauh ke depan sanggup tumbuh?
- Apakah segmen ini benar-benar sesuai dengan model bisnis anda? Bisakah kita segera memenuhi kebutuhan mereka atau apakah perlu perubahan arah yang signifikan untuk memenuhi permintaan?
- Seberapa sulitnya untuk mendapat data yang anda butuhkan untuk sepenuhnya memahami segmen ini, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini?
- Tinjau data penjualan anda sendiri. Siapa yang membeli berapa banyak produk atau layanan apa? Kapan mereka membeli? Di mana mereka berada? Siapa yang melaksanakan pembelian kasatmata dan untuk siapa mereka membeli?
- Rujuk silang data penjualan ini ke database khusus industri yang sanggup diprakarsai asosiasi anda atau website Dinas Perindustrian dan Perdagangan anda untuk mendapat informasi demografi bisnis dasar, atau tabel BPS untuk data populasi umum di wilayah anda atau bersahabat di mana wilayah Anda ialah kau hidup
- Tambang informasi dari laporan sindikasi gratis atau berbiaya rendah yang dihasilkan oleh perusahaan riset pasar untuk menyelam lebih dalam ke segmen pasar dan mendapat wawasan wacana motivasi yang mendorong kebiasaan pembeli.
- Analisis data yang anda kumpulkan. Cari kesamaan dan perbedaan utama di antara basis pelanggan umum, keseluruhan populasi anda. Apakah kelompok-kelompok tertentu berkumpul bersama atau terpisah dari yang lain berdasarkan geografi, jeda demografi atau perilaku? Analisis klaster ini memberi Anda segmen yang lebih jelas, membantu anda menjawab pertanyaan kualifikasi dan memicu inspirasi wacana cara berkomunikasi dengan segmen sasaran melalui upaya promosi anda.